Asosiasi Program Studi Informatika (APSI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang pertama. Acara ini sebagai kelanjutan pertemuan awal pembentukan asosiasi program studi di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2017 sebelumnya. Rakornas berlangsung pada tanggal 1-3 Januari 2018. Bertindak sebagai tuan rumah kegiatan ini adalah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Adapun even kegiatan bertempat di Hotel Arjuna Jalan Mangkubumi Yogyakarta.

Pembukaan Rakornas APSI oleh Prof. Lincolin Arsyad dari Majelis DIKTILITBANK PP Muhammadiyah

Pembukaan Rakornas APSI oleh Prof. Lincolin Arsyad dari Majelis DIKTILITBANK PP Muhammadiyah

Acara Rakornas ini dibuka oleh Ketua Majelis DIKTI LITBANK Muhammadiyah yaitu Prof. Lincolin Arsyad. Beliau menekankan bahwa kesemua program studi perlu saling memperkuat dan mengisi dalam wadah Asosiasi prodi semua kampus Muhammadiyah. APSI diharapkan melakukan kegiatan yang rutin baik bidang akademik maupun non akademik yang mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapan dari wadah APSI juga memberikan motivasi dan saling menyemangati sehingga PTM yang sudah kuat dapat membimbing PTM yang baru tumbuh.

Rakornas APSI dihadiri perwakilan prodi Informatika PTM Se-Indonesia

Rakornas APSI dihadiri perwakilan prodi Informatika PTM Se-Indonesia

Rakornas APSI juga membahas kebijakan Kemenristekdikti mengenai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Dr. Muchlas, Wakil Rektor 1 UAS. Beliau menyatakan bahwa Penerapan SKPI di PT bertujuan untuk mendukung kompetensi lulusan. PT saat ini diwajibkan mengeluarkan 3 sertifikat untuk lulusannya yaitu; Ijazah, Transkrip Nilai dan SKPI. Acara Rakornas ini kemudian memberikan contoh yang ideal mengenai best practice di prodi Teknik Elektro UAD. Kurikulum S1 harus dapat membedakan dengan kurikulum vokasi. Pengelolaan SKPI bertujuan meningkatkan derajat mahasiswa, dan melibatkan unit kemahasiswaan, Prodi, akademik dan Fakultas.

Suasana Workshop Pembuatan Modul Pelatihan

Suasana Workshop Pembuatan Modul Pelatihan

Rakornas ini juga menyelenggarakan workshop penyusunan modul pelatihan kompetensi bagi mahasiswa Informatika. Rakornas menyepakati ada 4 jenis pelatihan yaitu; Pelatihan pengembangan aplikasi Sistem Informasi, multimedia, komunikasi data dan jaringan komputer, serta pengembangan aplikasi berbasis web.
Rakornas ini kemudian ditutup dengan sesi pemantapan struktur organisasi APSI yang melibatkan kesemua prodi Informatika dan serumpunnya di Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.