FKI-UMS. Meskipun Fakultas yang relatif muda, FKI (Fakultas Komunikasi Informatika) yang berdiri tahun 2006 kembali menunjukan prestasinya, kali ini dalam bidang kemahasiswaan. Lima tim FKI UMS telah lolos seleksi PKM tingkat nasional untuk pendanaan tahun 2018. Hal tersebut sesuai dengan surat dari Kementrian Ristekdikti Nomor 1020/B3.1/KM/2018 terkait Penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2018.

Kelima tim tersebut terbagi dalam 3 tim PKMM (Pengabdian) serta 2 tim PKMKC (Karya Cipta). Masing-masing tim dalam PKM ini mengangkat permasalahan yang beragam, mulai dari pembuatan sistem informasi di sekolah, perancangan aplikasi kesehatan sampai dengan optimalisasi ruangan untuk pengembangan potensi di Panti Asuhan.

Nurgiyatna selaku Dekan FKI, mengucapkan terimakasih pada mahasiswa dan dosen pembimbing serta berharap tim yang lolos dapat menjalankan kepercayaan yang telah diberikan oleh Kemenristekdikti sehingga program kreativitasnya bermanfaat. “Ahamdulillah, kami Pimpinan FKI bersyukur atas capaian ini, semoga tim yang lolos mampu menjaga dan menjalankan kepercayaan untuk mewujudkan program yang sudah direncanakan” ungkapnya di ruang Pimpinan FKI.

Lebih lanjut, Nurgiyatna menjelaskan bahwa Fakultas akan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal PKM yang lolos dengan cara menciptakan atmosfer PKM di FKI. “Dari tim yang lolos ini, kami berencana akan membentuk PKM Center.  Kelompok ini semoga menjadi ujung tombak untuk kegiatan PKM yang nantinya akan berkoordinasi dengan Prodi dan Fakultas”, tuturnya.

Terpisah, Hazwari Zahra, ketua salah satu tim PKMM di Panti Asuhan Nur Hidayah mengungkapkan sangat senang mendengar kabar ini. Ia tidak menyangka PKM nya akan lolos seleksi. “Kami tidak percaya kalo bakal lolos karena memang persaingannya cukup ketat. Dan karena sudah lolos tentunya kami akan berusaha untuk merealisasikan kegiatan tersebut dengan baik dan amanah, agar dapat memberikan manfaat untuk teman-teman kami di panti asuhan. (agt)