Pada hari Selasa, 1 Desember 2015 Prof. John Lee selaku rektor Kyung Dong University (KDU), Korea berkenan mengunjungi UMS dalam rangka memperkuat tali kerjasama antara KDU dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Penguatan yang dimaksud terkait dengan Memorandum of Understanding (MOU) yang telah ditandatangani tahun 2013. MOU menyebutkan dibukanya program double degree pada program studi bisnis dan teknik mekatronika. Staf exchange dan student exchange juga menjadi butir kerjasama.

Beberapa aktivitas telah dilakukan dalam rangka menindak lanjuti MOU tersebut, antara lain pengiriman seorang dosen jurusan Manajemen untuk melakukan riset di KDU. Selain itu, lima mahasiswa telah berangkat ke Korea untuk belajar bahasa Korea selama tiga bulan.

Salah satu butir penting yang dibicarakan dalam pertemuan antara pimpinan kedua perguruan tinggi adalah perluasan cakupan program double degree. Mulai tahun 2016, program double degree akan mencakup program studi Computer Science. Kesepakatan tersebut membuka peluang bagi mahasiswa Program Studi Informatika UMS untuk mendapat gelar dari dua universitas sekaligus dengan waktu studi yang relatif sama. Konsepnya adalah bahwa mahasiswa program double degree dengan KDU harus menempuh studi di UMS selama 2 tahun, kemudian melanjutkan studinya selama 2 tahun di KDU. Setelah semua matakuliah diselesaikan, mahasiswa akan mendapat dua ijazah yaitu dari UMS dan dari KDU.

“Di tingkat fakultas dan prodi perlu dilakukan sosialisasi program kerjasama ini secara lebih luas. Misalnya dengan memasukkan deskripsi program ke dalam profil kurikulum.” tutur Supriyono, selaku Kepala kantor urusan internasional UMS.

kdu_logoKuliah double degree antara UMS dan KDU, Korea mempunyai daya tarik tersendiri. Biaya studi total melalui program double degree akan lebih murah dibanding kuliah penuh di Korea. Lulusan universitas Korea relatif mudah diterima bekerja di industri di Korea yang sangat maju. Sambil kuliah atau semasa libur, mudah sekali mendapat kerja part time, sehingga mengurangi beban biaya kuliah. Sedangkan untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan berangkat ke Korea, UMS segera membangun Korean Language Center (htr).