UMS. Pembelajaran di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tidak hanya berkutat pada persoalan teori semata. Mahasiswa juga dibekali dengan beragam mata kuliah praktikum, salah satunya Produksi TV. Dalam mata kuliah ini, mereka diajarkan tentang hal mendasar seputar produksi TV, mulai dari pengenalan produksinya, penanggung jawab produksi, hingga jobdesk dari masing-masing kru yang bertugas. Selain itu, mahasiswa juga dibekali materi yang berkaitan dengan Vox Pop, Host TV, dan  Talkshow.

Sebelum Solo dinyatakan dalam kondisi Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19, mata kuliah ini telah berlangsung secara offline sebanyak 5 kali pertemuan. Dalam pertemuan yang cukup singkat ini, mahasiswa dikenalkan dan diberikan kesempatan untuk mempraktikan simulasi pembuatan sebuah acara di studio televisi. Produksi TV tidak hanya berkaitan dengan masalah teknis peralatan studio, tetapi juga hal di luar masalah teknis, seperti mengonsep ide, mencari narasumber, pembuatan naskah, penyusunan pertanyaan, dan sebagainya.

Guna menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah disampaikan, dalam satu semester dilakukan dua kali penugasan. Tugas pertama adalah melakukan Vox Pop  tentang Covid-19. Vox Pop merupakan pendapat masyarakat setempat terkait suatu hal, wawancara ini dapat menanyakan dari berbagai aspek seperti ekonomi, pendidikan, kebijakan, dan lain-lain. Tugas kedua sebagai tugas akhir dari mata kuliah Produksi TV adalah membuat talkshow.

Tugas akhir mata kuliah ini biasanya dilakukan di studio laboratorium TV Ilmu Komunikasi UMS karena terkait dengan pembuatan program talkshow. Namun, melihat adanya kondisi KLB di Solo, maka kegiatan talkshow tersebut dialihkan melalui platform Zoom dan Youtube. Platform Zoom digunakan untuk melangsungkan acara talkshow tersebut yang dapat disaksikan oleh khalayak secara live. Sedangkan Youtube dimanfaatkan untuk mengunggah hasil siaran tersebut agar dapat ditonton ulang melalui channel resmi Ilmu Komunikasi UMS.

Nawal Nur Afifah, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS menyampaikan bahwa terdapat beberapa kendala dalam pengerjaan tugas ini akibat penerapan social distancing dan imbauan untuk tetap di rumah. Kendala di antaranya masalah komunikasi antaranggota kelompok, koordinasi, dan masalah jaringan untuk menyiarkan acara secara live.

Dalam rangka mengurangi kendala-kendala yang dialami oleh para mahasiswa,  Iswayudi Tejo Yuwono, dosen mata kuliah Produksi TV selalu memberikan saran, arahan, dan masukan pada setiap pertemuan melalui WhatsApp Group. Dengan begitu, acara Commtalk yang menjadi puncak dari tugas akhir praktikum Produksi TV ini dapat berlangsung dengan lancar. (Maysali/Vika/Andika)

Sumber : http://komunikasi.ums.ac.id/2020/06/16/lakukan-praktikum-di-masa-klb-mahasiswa-ilmu-komunikasi-ums-gelar-commtalk-secara-daring/