Hari Jumat, 14 Desember 2015 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan National Dong Hwa University (NDHU) menyepakati pembukaan program double degree untuk program studi Informatika UMS dengan departemen Computer Science and Information Engineering NDHU. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan MOA (Memorandum of Activity) oleh Prof. Shin Feng Lin, sebagai Dean of College of Science and Engineering, NDHU dan Husni Thamrin, PhD selaku Dekan Fakultas Komunikasi dan Informatika. MOA tersebut merupakan perwujudan dari MOU yang telah ditandatangani dua tahun sebelumnya oleh rektor kedua universitas. NDHU termasuk universitas terkemuka di Taiwan, sebuah negara yang dikategorikan macan Asia.

Skema double degree

Mahasiswa yang mengambil program double degree akan menempuh studi selama 4 tahun. Tiga tahun pertama ditempuh di UMS dan setahun terakhir ditempuh di NDHU. Tentu saja waktu studi real akan bergantung kinerja mahasiswa selama studi, baik di UMS maupun di NDHU.

Biaya studi yang harus dibayarkan saat studi di UMS adalah setara dengan menempuh program internasional Informatika. Sedangkan biaya studi di tahun terakhir di NDHU adalah setara dengan biaya kuliah setahun di NDHU. Untuk meringankan biaya kuliah di Taiwan nantinya, selama srudi di UMS mahasiswa diharuskan menabung. Dengan konsep menabung ini, biaya studi pada tiga tahun pertama terasa lebih mahal dibanding mahasiswa lainnya. Namun dana tabungan tersebut akan dikembalikan ke mahasiswa untuk keberangkatan ke Taiwan, sehingga terasa lebih ringan.
Biaya kuliah yang harus dibayarkan tiap semester di UMS dapat dilihat di web PMB, sedàngkan biaya kuliah di NDHU dapat dilihat di web NDHU.

Sekilas Computer Science and Information Engineering (CSIE) NDHU

Departemen CSIE berdiri sejak 1995 dan sejak 2011 mempunyai program internasional yang mengajarkan materi kuliah dalam bahasa Inggris. Departemen CSIE mempunyai 22 full-time professor. Pada tahun 2013 memiliki 271 mahasiswa tingkat sarjana (termasuk 12 mahasiswa kelas internasional), 215  mahasiswa master, dan 35 mahasiswa tingkat doktor. Terdapat 22 laboratorium riset, termasuk sebuah lab komputer. Semua lab terkoneksi jaringan internet.

Area riset pada departemen ini adalah:

  1. Multimedia Systems Computer
  2. Networks and Distributed Systems
  3. Data and Knowledge Base Systems
  4. VLSI Circuit & Embedded Systems Design
  5. Parallel, Distributed & Cloud Computing
  6. Mobile & Pervasive Computing
  7. Software Engineering
  8. Cryptography and Information Security
  9. Computing Theories and Algorithms
  10. Human-Machine Interaction Systems
  11. Programming Languages and Compiler Systems
  12. Artificial Intelligence & Learning Machine
  13. Bioinformatics
  14. Computer Graphics & Digital Games
  15. Decision Support Systems

(htr)