Pada hari Sabtu, 3 Desember 2016 Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali menyelenggarakan wisuda bagi 983 sarjana. Tiga puluh delapan wisudawan-wisudawati adalah lulusan Program Diploma III dan 860 wisudawan-wisudawati dari Program Strata I. Selain itu terdapat 85 wisudawan-wisudawati dari Program Pascasarjana.

Jumlah wisudawan yang berasal dari Fakultas Komunikasi dan Informatika sebanyak 21 mahasiswa. Tiga wisudawan di antaranya mendapatkan predikat cum laude, yaitu Luthfiati Hanifah (L100120117) dengan IPK 3,69 yang sekaligus menjadi wisudawan terbaik Fakultas. Luthfiati berasalh dari program studi Ilmu Komunikasi. Selanjutnya predikat cum laude diraih oleh Ahmad Nur Ridlo (L200120087) dengan IPK 3.61 dan Ilham Insan Kamil (L200120145) dengan IPK 3.60, keduanya berasal dari program studi Informatika.

Prosesi wisuda berjalan dengan khidmat walaupun hujan deras sempat mengguyur. Upacara dibuka oleh Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Beliau menyampaikan permohonan maaf bahwa Bapak Rektor dengan sangat terpaksa tidak bisa menghadiri acara wisuda karena ketinggalan pesawat saat akan pulang ke Solo.

Melalui sambutannya, M Da’i menyampaikan selamat kepada wisudawan-wisudawati. Khusus bagi wisudawan terbaik dari Fakultas, wisudawan yang berasal dari aktivis organisasi kemahasiswaan, wisudawan tercepat dan wisudawan termuda disebut satu persatu dan diminta untuk berdiri. Mereka menduduki deretan kursi yang paling depan diantara deretan ratusan wisudawan-wisudawati. Sangat membanggakan bahwa diantara wisudawan terbaik tiap fakultas, satu diantaranya adalah mahasiswa yang berasal dari Luar Negeri. Selain itu, hal lain yang juga sangat membanggakan adalah wisudawan dengan predikat lulus tercepat merupakan mahasiswa aktivis organisasi kemahasiswaaan.

Kuliah umum pembekalan untuk wisudawan-wisudawati disampaikan Prof. Dr. Wahyuddin, M.S. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Beliau berpesan kepada para wisudawan-wisudawati bahwa kelulusan bukanlah akhir dari perjuangan, namun menjadi awal perjuangan untuk berkiprah mengabdi di masyarakat dalam rangka mengimplementasikan ilmu yang didapat selama belajar di UMS.

Selamat kepada para wisudawan-wisudawati periode II tahun 2016/2017, semoga Allah SWT senantiasa memberi keridhaan atas perjuangan yang sudah dilalui dan perjuangan selanjutnya. Aamiin… (azf).