Pendaftaran mahasiswa baru di lingkungan Fakultas Komunikasi dan Informatika mengalami kenaikan yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan antusias calon mahasiswa baru untuk mengikuti seleksi ujian masuk One Day Service di Gedung Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Terdapat total 1310 pendaftar yang mengikuti ujian seleksi masuk. Dari pendaftar tersebut, proses seleksi telah menetapkan sebanyak 385 calon maru yang diterima/ lolos seleksi. Dan dari yang lolos seleksi sudah terdapat 298 calon maru yang registrasi.

Profil saringan mhs baru sblm lebaran

One Day Service yang menerapkan sistem ujian dan hasil seleksi dalam satu hari ini mulai diterapkan sejak tahun 2006 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penerapan sistem ini dirasa sangat cocok dengan jaminan informasi kelulusan/ketidaklulusan yang cepat. Sistem ini menerapkan nilai batas passing grade yang berbeda-beda untuk setiap program studinya.
Program Studi Informatika memiliki pendaftar sebanyak 688 orang, dan yang lulus sebanyak 178 orang. Sedangkan untuk prodi Ilmu Komunikasi terdapat sebanyak 622 orang pendaftar maru dan yang lulus seleksi sebanyak 207 orang. Data tersebut menunjukkan bahwa rasio pendaftar dan diterima di prodi Informatika adalah 1: 3,86. Dan untuk prodi Ilmu Komunikasi, rasionya adalah 1: 3,05. Data ini diambil pada hari Senin 11 Juni 2018. Data dapat berubah setelah ini mengikuti trend penerimaan mahasiswa di PTN.