Perkuliahan sebaiknya mampu memberikan pengalaman akademis maupun praktis kepada mahasiswa. Dosen bersama para mahasiswanya sama-sama dituntut untuk kreatif dalam mengaplikasikan ilmu dan teori yang ada dalam referensi. Fakultas Komunikasi dan Informatika mendukung setiap kegiatan perkuliahan yang memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswanya. Seperti yang dilakukan oleh seorang dosen jurnalistik penyiaran pada akhir perkuliahannya, meminta mahasiswa untuk mengadakan festival reportase pada hari Jumat tanggal 12 Juni 2015 lalu.

Lapangan parkir Fakultas Komunikasi dan Informatika disulap sedemikian rupa sehingga menyerupai miniatur kota Solo. Selanjutnya semua mahasiswa yang ikut mata kuliah tersebut diwajibkan membuat video reportase dengan tema ‘Solo Bercerita’ dengan mengambil latar belakang miniatur kota Solo yang sudah dibuat sebelumnya. Hasil dari reportase mahasiswa ini kemudian dijadikan bahan untuk evaluasi perkuliahan sebagai tugas akhir. Kegiatan ini perlu diapresiasi karena mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu yang diperoleh dari buku dan ruang kuliah tanpa harus pergi keluar kampus dan tanpa mengeluarkan dana besar. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga sebelum mereka terjun langsung ke dunia kerja.

Fakultas Komunikasi dan Informatika selalu mengakomodasi setiap kegiatan kreatif yang menunjang kegiatan belajar mengajar bagi para dosen dan mahasiswanya seperti ini. Tahun 2015 ini adalah tahun kedua diadakannya festival seperti ini (yhy).