FKI. Selasa (20/2), FKI – UMS kedatangan tamu yang spesial, beliau adalah Ismail (48) warga Desa Cangko, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Sejak tahun 1989, dia bertekad untuk berkeliling nusantara dan mengoleksi tanda tangan tokoh setempat didaerah tujuan.
Perjalanan selama 28 tahun yang dimulai dari Bali tersebut telah menghabiskan 32 sepeda. Ketika ditanya apa sebenarnya motivasi dari Ismail melakukan aktivitas unik ini, dia menjawab bahwa obsesinya adalah masuk dalam Guinnes Book of Record pengumpul tanda tangan terbanyak di dunia.
Menurut Ismail, banyak pengalaman yang dia dapat selama bersepeda keliling Indonesia. Satu pengalaman yang tidak bisa dilupakannya yakni saat dirinya menginjakkan kaki di Timor Leste pada tahun 1989 yang saat itu masih bernama Timor Timur. Dia sempat disandera selama 3 bulan oleh kelompok Fretelin karena dianggap sebagai mata-mata. Namun demikian, kejadian ini tidak membuat dia jera. Bahkan Ismail semakin mantap untuk melanjutkan berkeliling Indonesia.
IMG-20180220-WA0022
Lebih lanjut, baginya, UMS merupakan kampus yang besar yang menjunjung konsep Islami dalam keseharian. Bukan hanya bangunan yang megah, namun keramahan dalam menyambutnya menunjukan implementasi aspek kehidupan Islam.
Mengakhiri pembicaraan, Ismail menuturkan bahwa setelah mengunjungi Solo, ia akan melanjutkan perjalanan ke Malang dan mengakhiri perjalanannya di Bali, tempat dia mengawali. (agt)