FKI. Bertempat di Ruang Sidang PSB-PS, pada 12-13 Februari, FKI UMS menyelenggarakan workshop penyusunan proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Acara ini, menurut Agus Triyono selaku Ketua Pelaksana, digagas dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan kali ini diikuti setidaknya 10 dosen yang berasal dari Prodi Ilmu Komunikasi, Informatika serta Pendidikan Teknik Informatika.
Nurgiyatna, Ph.D selaku Dekan FKI UMS menyambut baik acara ini. Ia berharap bahwa acara ini mampu menghasilkan proposal unggulan yang akan diajukan ke skema internal maupun eksternal. Bahkan, secara khusus ia berpesan agar ada kegiatan PPM kolaboratif antara program studi yang terlibat dalam kegiatan ini.
Salah satu narasumber kegiatan, Dr Muhtadi, menyampaikan bahwa tugas utama dari dosen tidak sedekar mengajar. Namun demikian, dosen dituntut untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan penelitian. Tidak hanya itu, agar hasil penelitian tidak hanya menumpuk dan menjadi arsip akademis, dosen juga diwajibkan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.
Workshop PPM FKI
Lebih lanjut, Muhtadi yang sejak tahun 2007 mendapatkan bantuan hibah PPM memberikan tips agar sebuah proposal dapat diterima oleh lembaga donor/sponsor untuk didanai. Baginya sebuah proposal layak didanai jika memiliki keunggulan baik secara teknis, substansi maupun realistis. Jika unsur-unsur tersebut sudah terpenuhi, maka besar kemungkinan reviewer akan tertarik untuk menyetujui proposal pengusul. (agt)