FKI-UMS. Sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah, FKI UMS mempunyai kewajiban untuk menjalankan catur darma pendidikan yang diantaranya adalah pengabdian kepada masyarakat serta penguatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Sejalan dengan hal tersebut, pada 20-22 Mei 2018, FKI menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada sekolah yang tergabung di PCM Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

Acara yang bertajuk “Peningkatan Kapasitas Guru dalam Bidang Media dan Teknologi Informasi” dilaksanakan di Lab Sistem Informasi dan diikuti oleh  20 guru dengan berbagai jenjang sekolah. Menurut Nurgiyatna,Ph.D selaku Dekan FKI kegiatan ini adalah pengabdian kali kedua setelah tahun lalu menyasar PCM Kartasura sebagai mitra kegiatan. Lebih lanjut, beliau berharap bahwa acara ini dapat berjalan dengan maksimal dan memberikan manfaat serta dampak positif dalam rangka peningkatan kapasitas guru dalam proses pembelajaran.

Pada kegiatan kali ini pelaksana memberikan paparan 12 materi yang berasal dari bidang media dan komunikasi serta teknologi informasi. Dalam bidang media dan komunikasi, terdapat materi yang berkaitan dengan komunikasi antar pribadi, kiat menulis artikel, promosi sekolah, media pembelajaran serta literasi media. Pada bagian yang lain, kajian teknologi informasi terdapat dalam penelusuran bahan ajar, pembelajaran berbasis IT, pembuatan website, pemanfaatan fitur mail merge serta maksimalisasi penggunaan email.

Salah seorang peserta, Aris Sudibyo menyampaikan bahwa acara seperti ini sangat penting bagi pengembangan sekolah dan berharap tidak hanya sekali diselenggarakan.”Acara seperti tentunya sangat memberi manfaat kepada kami. Banyak hal-hal baru yang bisa kami dapatkan dan tentunya semuanya dalam rangka memajukan sekolah khususnya dibawah  naungan Persyarikatan Muhammadiyah”, tutur Aris yang mewakili MPI PCM Gatak. (agt)