FKI – Untuk meningkatkan jalinan kerjasama antar Perguruan Tinggi khususnya di lingkungan Muhammadiyah, FKI UMS (16/4) melakukan lawatan ke Prodi S2 Teknik Informatika dan S1 Ilmu Komunikasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran Dekanat, Pimpinan Prodi serta semua staff tenaga kependidikan di lingkungan FKI, dengan total rombongan berjumlah 13 orang.

Nurgiyatna, Ph.D selaku Dekan FKI menyampaikan bahwa jalinan kerjasama antar PT ini sangat penting  dalam rangka meningkatkan mutu tri darma PT. Untuk itulah, kunjungan ini dilakukan dalam rangka menggali informasi terkait dengan pengelolaan S2 Informatika sekaligus pengembangan jurnal. Dengan demikian, kolaborasi penelitian, gelar karya mahasiswa dan kegiatan lainnya bisa diinisiasi pasca kunjungan ini.

Dalam sambutannya, Rusydi Umar, Ph.D selaku Kaprodi yang didampingi oleh beberapa dosen dan pejabat terkait menyambut dengan tangan terbukan kunjungan dalam rangka rintisan kerjasama kali ini. Menurutnya, Prodi S2 Teknik Informatika yang berdiri sejak 2016 merupakan Prodi yang mempunyai kompetitor yang tidak sedikit.

Rusdyi melanjutkan bahwa diperlukan branding yang berbeda sehingga mampu menarik mahasiswa untuk bergabung dan hal itu tidak cukup pada peminatan atau konsentrasi, tapi juga terkait dengan manajemen. Berbekal konsep tersebut, sejak berdiri, S2 Teknik Informatika sudah menawarkan konsep 3 semester lulus. Hal ini lah yang menurut penuturan pengelola, mampu menarik minat calon mahasiswa meskipun mereka hanya mendapatkan informasi melalui website.

Setelah agenda di Prodi S2 Teknik Informatika berakhir, rombongan melanjutkan lawatannya ke Prodi Ilmu Komunikasi dan diterima di ruang Praktikum Public Relations. Choirul Fajri, M.Si selaku Wakil Dekan menjelaskan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi berada dibawah Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi. Pada tahun 2018, Prodi Ilmu Komunikasi  UAD menerima 500 mahasiswa baru. Menurutnya, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Prodi Ilmu Komunikasi membuat UAD semakin berbebenah.

“Tahun ini kami membangun beberapa laboratorium baru seperti PR, Fotografi, Radio, Desain Grafis dan beberapa lainya. Hal ini karena tingginya animo calon mahasiswa baru. Harapan kami, kunjungan yang dilakukan oleh FKI UMS ini akan mampu meningkatkan jalinan kerjasama untuk pengembangan Prodi maupun Fakultas” tuturnya.

Agus Triyono selaku Wakil Dekan 1 FKI menyampaikan bahwa kegiatan ini tentunya bukan kunjungan yang terakhir. Beliau menegaskan bahwa jalinan kerjasama ini perlu dilanjutkan dalam kegiatan yang nyata semisal kolaborasi penelitian, pengabdian maupun gelar karya mahasiswa. (agt)