FKI. Didasari semangat untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan kerjasama, jajaran Dekanat FKI UMS bertolak ke UMM Malang pada Kamis, 18 Januari 2018. Dalam kegiatan tersebut, rombongan mengadakan kunjungan ke FISIP dan Prodi Teknik Informatika UMM.
Diterima oleh jajaran Dekanat FISIP, Nurgiyatna Ph.D selaku Dekan menyampaikan sangat senang dan bangga berkunjung ke FISIP UMM. Ia berharap dari kunjungan ini bisa ditindaklanjuti pada kegiatan akademis yang lain semisal pertukaran dosen maupun mahasiswa maupun pengelolaan jurnal. Pada sambutannya, Zein Amirudin (Wakil Dekan 3) menjelaskan bahwa FISIP UMM sangat membuka kesempatan bagi FKI UMS untuk peningkatan kerjasama. Terlebih lagi pada tahun 2018 adalah tahun politik dimana kajian komunikasi maupun teknologi informasi sangat penting dilakukan untuk menyikapi fenomena tersebut.
Setelah diterima Dekanat FISIP UMM, rombongan melanjutkan kunjungan ke Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM. Lab yang bertempat di basement UMM Dome memiliki fasilitas penunjang perkulihan yang lengkap. Jamroji selaku Kalab memberikan penjelasan bagaimana lab memegang peranan penting dalam proses PBM. “Kegiatan praktikum mampu mengasah kreativitas mahasiswa yang kadang-kadang diluar ekspektasi kita”, papar Jamroji.
FKI Jajaki Kerjasama dg UMM
Mengakhiri kunjungan di UMM, bersama-sama dengan Prodi Informatika UMM, FKI UMS mengadakan diskusi terkait dengan pengembangan jurnal dan pengajaran dalam bidang Informatika. Dalam kesempatan tersebut, kedua lembaga bersepakat untuk menindaklanjuti pertemuan ini secara intensif. Bahkan pengelola Jurnal Kinetik, Agus Eko, secara langsung memberikan draft MoU dalam rangka peningkatan pengelolaan jurnal. (agt)