Ketua PP Muhammadiyah, Bp Drs. H. Dahlan Rais, M.Hum berkenan hadir di kantor Pengurus Cabang Muhammadiyah Kartasura pada hari Kamis, 24 Desember 2015 Masehi bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1437 Hijriah. Kehadiran beliau dalam rangka memberi tausiyah atau pengajian sekaligus meresmikan berdirinya Gedung Dakwah Muhammadiyah Cabang Kartasura.

Upacara peresmian diawali dengan pembukaan oleh panitia, pembacaan ayat suci Al Quran oleh para siswa SD Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus, dan nyanyian lagu Indonesia Raya dan Hymne “Sang Surya” oleh siswa-siswi MIM Program Khusus Kartasura. Upacara diisi oleh beberapa sambutan yaitu dari Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura Prof. Bambang Sumarjoko, M.Pd, Camat Kartasura Drs. Bachtiar Zunan, MM, dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo dr. Guntur. Puncak acara peresmisan adalah pengajian dan penandatanganan prasasti oleh Ketua PP Muhammadiyah, Bp. Dahlan Rais. Acara pengajian dan peresmian gedung dakwah tersebut dihadiri oleh pimpinan cabang Muhammadiyah Kartasura, unsur pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta dan warga Muhammadiyah di sekitar Kartasura.

Gedung Dakwah Muhammadiyah cabang Kartasura terdiri atas dua lantai dengan luas lebih dari 950 m2. Gedung tersebut berdiri di atas tanah wakaf seluas lebih dari 1200 m2. Di sisi barat gedung dakwah telah berdiri masjid seluas 350 m2 yang juga telah diwakafkan untuk dikelola oleh Muhammadiyah cabang Kartasura.

Dalam taushiyahnya, Bp. Dahlan Rais menyitir ayat Qur-an surat Saba’ ayat 13: “I’maluu ahla Dawuuda syukran”. Adanya gedung baru milik Muhammadiyah cabang Kartasaura patut disyukuri, sehingga PCM Kartasura mempunyai tempat yang permanen untuk rapat dan menyusun strategi dakwah. Kesyukuran itu bisa ditunjukkan dengan ucapan hamdalah, sujud syukur, atau dengan pesta makan dan minum. Namun yang lebih penting adalah mewujudkan rasa syukur dalam bentuk kerja dan beramal sebagaimana makna dari ayat yang disitir di atas.

Gerakan Muhammadiyah di Kartasura relatif cukup maju. Kecamatan kartasura memiliki 12 kelurahan dan di semua kelurahan telah berdiri ranting Muhammadiyah. Pengajian umum dan pengajian pimpinan telah berjalan di setiap ranting. Amal usaha Muhammadiyah berdiri di berbagai lokasi, yang berupa Sekolah Dasar, Madrasah Ibtida’iyah, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Kejuruan. (htr).