Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) yang bekerjasama dengan Universitas YAPIS (Yayasan Pendidikan Islam) Papua menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) APTIKOM tahun 2017 dengan tema “Peningkatan Kompetensi SDM TIK dan Daya Saing Daerah di Era Global”. Acara ini berlangsung pada tanggal 2 sampai 5 November 2017. Pada kesempatan yang sama telah diselenggarakan pula:

  1. Seminar Nasional Aptikom (Semnastikom) – Call For Paper dengan tema : “Pengembangan SDM TIK Untuk Percepatan Pembangunan Daerah ”.
  2. The 2nd International Conference on Informatics and Computing (ICIC 2017) dengan tema : “Improving Competencies of ICT Human Resources and Regional Competitiveness in Global Era”.
  3. Higher Education Sharing of Best Practice
  4. Industrial Sharing of Technology
  5. Higher Education Clinics
  6. Country Side Tour
  7. Suasana Kemeriahan Pembukaan Rakornas APTIKOM 2017

    Suasana Kemeriahan Pembukaan Rakornas APTIKOM 2017

    Turut hadir delegasi dari program studi Informatika FKI-UMS yaitu Bapak Heru Supriyono dan Bapak Aris Rakhmadi. Rakornas APTIKOM ini menyelenggarakan dua kegiatan utama yaitu seminar nasional (Semnastikom) dan seminar internasional (ICIC 2017). Acara kemudian dilengkapi dengan klinik program pendidikan tinggi berupa kebijakan mengenai kurikulum KKNI dan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Acara ini yang mengisi adalah perwakilan dari pemegang kebijakan Kemenristekdikti.

    Seminar internasional ICIC 2017

    Seminar internasional ICIC 2017

    Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing penggunaan dan pemanfaatan teknologi industri di Universitas. Tampil untuk mengisi acara ini yaitu Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Universitas Yapis Papua. Unidus menceritakan keberhasilannya melakukan riset unggulan digitalisasi musik tradisional jawa yang kemudian menghasilkan banyak produk paten, sementara UNYAP menceritakan pemanfaatan teknologi informasi dengan keterbatasan sumber daya.

    Perbatasan Jayapura dengan Papua New Guine

    Perbatasan Jayapura dengan Papua New Guine

    Gedung Perbatasan Indonesia di SKOUW Jayapura

    Gedung Perbatasan Indonesia di SKOUW Jayapura

    Acara Rakornas ditutup dengan Country Side Tour di perbatasan Indonesia dengan Papua New Guine, dan Danau Sentani.