7193-01-internet-of-things-1

Tanpa kita sadari ataupun bahkan tanpa kita ketahui apa itu Internet of Things, dia ada di sekitar kita. Tanpa kita panggil, atau bahkan tanpa kita kenal, kita hampir selalu membutuhkannya. Bahkan hampir menjadi kebutuhan primer kita. Penjelasan simpelnya, Internet of Things adalah teknologi informasi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung dengan Internet. Sehingga, dapat menjalankan sebuah fungsi secara otomatis. Benda yang paling sering kita pakai adalah ponsel pintar dan laptop. Benda lainnya yang bisa terkoneksi misalnya, sebuah kulkas dapat melacak jika persediaan telur Anda sudah mau habis. Kemudian, lewat perantara Internet, ia mengirimkan notifikasi agar Anda segera belanja.
IoT-Graphic

Pemanfaatan IoT tentu bukan hanya membuat kulkas pintar. Terdapat begitu banyak implementasi IoT lain yang bisa membuat hidup manusia jadi lebih mudah. Bahkan, hadirnya development board seperti Arduino, Raspberry Pi, Intel Edison, dan Intel Galileo pun mendorong para makers berinovasi di sektor IoT ini.

Beberapa skripsi mahasiswa di prodi Informatika telah mencoba membangun aplikasi android dengan latar ide tersebut. Ada yang mengembangkan aplikasi untuk mengatur atau mengendalikan proyektor, semirip dengan alat remote-nya. Kelebihannya, kita secara mudah mengendalikan proyektor dengan ponsel pintar yang selalu kita bawa. Ada yang mengembangkan aplikasi untuk menyalakan sepeda motor dari jarak jauh yang juga menyertakan alarmnya. Ada juga yang mempunyai ide untuk mengembangkan sistem keamanan rumah (pintu) dengan kunci otomatis berbasis QR-Code. Kesemua contoh tersebut adalah aplikasi internet of Things. Pada dasarnya, semua benda yang terkontrol secara jarak jauh yang memanfaatkan internet adalah contoh dari aplikasi internet of things.
IoT_Kehidupan Sosial

Memang implementasi IoT dalam kehidupan sehari-hari yang sebagian sudah bisa kita miliki. Bahkan, ada juga yang dapat Anda bangun sendiri. Anda sebagai mahasiswa tingkat akhir, dapat mengikuti jejak teman anda yang telah lulus untuk mengembangkan aplikasi internet of things berbasis android. Berikut ide-ide mengenai IoT yang dapat menginspirasi anda.
1. Aplikasi mengatur lampu penerangan jalan
2. Aplikasi penyiram tanaman
3. Aplikasi pengganti kartu pintar pemerintah

Selamat mencoba.