FKI-UMS. Dalam Al Quran, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk senantiasa berinfaq (red : sedekah) baik dalam keadaan lapang maupun sempit. Ayat tersebut juga didukung oleh hadist yang menyerukan hal serupa semisal anjuran untuk menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan karena bagian dari sedekah. Tidak hanya itu, bahkan tersenyum kepada saudara dinilai sedekah oleh Allah SWT. Orientasi utama dari ayat maupun hadist tersebut menunjukan bahwa Islam adalah agama yang mengedepankan kepedulian.

Berbekal dasar tersebut, semenjak Oktober 2017, FKI UMS tiap pekannya menggelar aktivitas Jumat Berkah yang berisi pembagian makanan dan minuman secara gratis. Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara FKI, Mentoring Fakultas dan IMM Komisariat Adam Malik bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada civitas akademika yang ada di FKI khususnya dan UMS pada umumnya.

Fahrur (Informatika, 2016)  mengatakan bahwa acara ini sangat menarik dan membantu mahasiswa. “Ini adalah kegiatan positif dan saya pada semester ini rutin menikmatinya. Hanya saja, jumlahnya perlu ditambah, mengingat yang mengambil bukan hanya mahasiswa FKI”, ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Angga, Ketua Mentoring FKI mengatakan bahwa donatur tetap kami baru berasal dari dosen FKI saja dan kami membuka peluang bagi donatur dari mahasiswa maupun elemen luar dikampus. “Kami selaku pengelola masih membuka peluang bagi para donatur untuk memberikan donasi. Dengan demikian, jumlah makanan dan minuman yang kami siapkan bisa bertambah”, tutur Angga. (agt)