Forum Grup Diskusi Teknologi (FGDT) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) adalah sebuah forum bagi para dosen dan peneliti untuk berdiskusi, sharing pengetahuan tentang manajemen perguruan tinggi, pemanfaatan teknologi ataupun hasil penelitian. FGDT ini mengagendakan minimal satu tahun sekali untuk pertemuan nasional se-Indonesia yang tuan rumahnya secara bergantian dari kampus Muhammadiyah satu ke kampus Muhammadiyah yang lainnya. Tahun 2017, tuan rumah FGDT adalah Universitas Muhammadiyah Mataram.

Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) adalah salah satu amal usaha Mhammadiyah di bidang pendidikan. Secara historis, Muhammadiyah merupakan perserikatan yang berdiri pada tanggal 8 Djulhijjah 1330 hijeriah atau 18 november 1912 Masehi oleh K.H. Ahmad Dahlan. Muhammadiyah diakui sebaga badan hukum pertamakali leh pemerintah kolonial belanga dengan dasar Gouvernement besluit 22 agustus 1914 nomor 81.

Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Mataram

Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Mataram

Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) berdiri pada tanggal 25 Juni 1980 yang pengelolaanya dilakukan oleh pimpinan wilayah muhammadiyah Nusa Tenggara Barat?Majelis Pendidikan dan pengajaran dan Kebudayaan, selanjutnya pembina dilakukan oleh perguruan tinggi Muhammadiyah sesuai dengan akta notaris nomor 355 tanggal 21 Oktober 1981 dan disesuaokan dengan akta notaris nomor 16 tanggal 8 agustus 1986.

FGDT PTM berlangsung dari hari Selasa 28 November sampai dengan kamis 30 November 2017. Kegiatan di hari pertama adalah Forum Dekan. Forum ini mengagendakan pertemuan semua dekanat di bidang Teknologi dari PTM Muhammadiyah se-Indonesia. Hari kedua adalah penyelenggaraan seminar SNTT dan ICEAT, dan hari ketiga adalah kunjungan industri dan Wisata.

FGDT PTM tahun 2017 ini menyelenggarakan dua seminar sekaligus yaitu SNTT (Seminar Nasional Teknologi Terapan) berskala Nasional dan International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT) yang berskala internasional dan terindeks scopus. Peserta paling barat berasal dari Universitas Muhammadiyah Riau dan Peserta paling timur berasal dari Universitas Muhammadiyah Sorong, Papua Barat. Sesi malam hari adalah sesi diskusi program studi, wakil dari FKI adalah Bapak Aris Rakhmadi yang terlibat aktif dalam diskusi pengembangan prodi Informatika PTM.

Walaupun ada kendala keberangkatan dan kepulangan peserta yang dikarenakan erupsi Gunung Agung di Pulau Bali, acara FGDT ini tetap berlangsung lancar. Delegasi UMS berangkat secara bergelombang. Sebagian rombongan dari Fakultas Teknik UMS walau batal berangkat hari Senin, hari Selasa, namun akhirnya tetap berangkat di hari Rabu. Begitu pula ketika kepulangan, walau seharusnya berangkat Jumat pagi, semua maskapai penerbangan dari bandara Lombok dibatalkan pada hari itu. Rombongan terpisah menjadi dua kelompok, ada yang menunda, ada juga yang memutuskan perjalanan via darat ke denpasar.