Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Mikrotik telah menyepakati kerjasama untuk menyelenggarakan Mikrotik Academy di UMS. Kesepakatan kerjasama (Memorandum of Understanding atau MOU) ditandatangani oleh Bp. Dr. Muhammad Da’i selaku Wakil Rektor I UMS dan CEO Mikrotik yang berkedudukan di Latvia.

Peresmian kerjasama dilakukan kedua pihak pada tanggal 19 Desember 2015 bertempat di Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI). Pada upacara peresmian tersebut, pihak UMS diwakili oleh Bp. Husni Thamrin, PhD selaku Dekan FKI dan Bp Herry Darmawan selaku Perwakilan Mikrotik di Indonesia. Hadir dalam peresmian tersebut Bp. Dr. Heru Supriyono selaku Ketua Program Studi Informatika, Bp. Dr. Nurgiyatna selaku Wakil Dekan bidang Akademik, para dosen dan mahasiswa Informatika.

“Bulan Desember ini cukup padat dengan kegiatan kerjasama internasional yang berkait erat dengan eksistensi program studi Informatika”, ungkap Bp Husni dalam sambutannya. Ini merujuk pada rintisan program double degree dengan Kyung Dong University (Korea), kesepakatan penyelenggaraan double degree dengan National Dong Hwa University (Taiwan), dan penerimaan tamu dari QS Star (Singapura). “Namun dari sekian aktivitas kerjasama itu, kerjasama dengan Mikrotik menjadi terpenting karena akan berdampak langsung dengan kompetensi mahasiswa dan dosen,” imbuh Dekan.

Sedangkan sambutan dari Bp. Herry menyadarkan para sivitas akademika yang hadir tentang perkembangan teknologi mutakhir. “Pada saat ini orang terus berupaya menghubungkan berbagai perangkat dengan internet,” ungkapnya merujuk pada istilah yang sedang trend “Internet of Things”. Keterhubungan perangkat dengan internet tidak pelak harus dilakukan dengan peralatan jaringan. Oleh karena itu, kebutuhan akan tenaga kerja yang menguasai perangkat jaringan akan meningkat.

Kesepakatanmtcna itu memberikan hak kepada UMS untuk menyelenggarakan pelatihan tentang jaringan komputer dengan perangkat Mikrotik bagi mahasiswa UMS. Bagi yang telah mengikuti pelatihan diberikan kesempatan untuk menempuh ujian kompetensi untuk mendapat sertifikat MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) yang diakui secara internasional. Penyelengaraan pelatihan nantinya adalah program studi Informatika dalam format Mikrotik Academy UMS.

Sebagai tindak lanjut kerjasama ini, prodi Informatika akan melakukan workshop Mikrotik dasar bagi para dosen yang rencananya dilaksanakan di bulan Maret. Selanjutnya, aktivitas serupa akan dilaksanakan bagi Mahasiswa.

Alhamdulillah, semoga kerjasama ini memberi manfaat nyata bagi UMS dan para mahasiswanya. (htr)