FKI-UMS. Tugas dari mahasiswa tidak cukup dengan menuntut ilmu, namun demikian apa yang sudah dicapai harus mampu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat. Berbekal hal tersebut, salah satu tim PKMM 2017/2018 yang diketuai oleh Hazwari, mahasiswa Ilmu Komunikasi, menjalankan pengabdian berupa tarung (tata ruang) di Panti Asuhan Putri Yayasan Nur Hidayah.

Menurut Hazwari, kegiatan yang dilakukan ini berangkat dari keprihatinan yang pada  umumnya anak diasuh dan dibesarkan dalam keluarga yang memiliki orang tua lengkap sebagai pengasuh utama yang menyediakan sarana dan dukungan bagi tumbuh kembang anak. “Kehadiran orang tua memungkinkan adanya rasa kebersamaan sehingga memudahkan orang tua dalam mewariskan nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Selain itu, orang tua dan keluarga sangat berperan penting dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Namun ada beberapa kondisi yang memungkinkan anak untuk ditempatkan di luar keluarga aslinya seperti panti asuhan” tuturnya.

Dari situlah ide untuk mengkonsep tata ruang muncul. Dibantu oleh rekan satu timnya, Hazwari melakukan beberapa kali survei untuk mengidentifikasi kebutuhan dan program yang akan dijalankan. Menurut Ade, salah satu pelaksana, kegiatan ini meskipun mengalami beberapa kendala, namun cukup menyenangkan. Hal ini tak lepas karena selaku pelaksana, ia mampu berbagi kebahagiaan kepada orang lain. “Kami harap apa yang sedikit ini mampu memberi manfaat kepada anak asuh yang ada di Panti” ujar Ade mahasiswa Ilmu Komunikasi.