Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara Lounching buku berjudul Comunication Mix (Commix) di bus tingkat Werkudara, kemarin.

Buku karya 45 mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi angkatan 2009 dan 2011 itu memuat 164 halaman. Aksi peluncuran buku yang dilakukan di bus tingkat Werkudara itu merupakan salah satu pemandangan langka di Indonesia. Dalam peluncuran itu juga dihadiri Ketua Prodi Komunikasi, Rinasari Kusuma.

Kepada wartawan, Rina mengatakan Commix itu merupakan karya mahasiswa Prodi Komunikasi FKI UMS yang ke-8 sejak 2007. Menurutnya, buku yang dijual dengan harga Rp35.000 dapat menginspirasi mahasiswa untuk terus berkarya. ?Banyak orang yang telah memesan buku ini,? katanya.

Dosen pengampu Mata Kuliah (Makul) Komunikasi Kontenporer, Arief Fajar mengatakan buku yang mengangkat tentang isu-isu seputar Komunikasi Kontenporer ini dibuat selama satu semester. Dalam sub tema Trend and Level Komunikasi ini memuat tentang merebaknya budaya Pop Korea. Serta sub tema kajian Media Komunikasi Massa yang berjudul Media untuk Memperkaya Diri dan Menyerang Lawan politik. ?Buku ini untuk referensi kuliah,? jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia Louncing, Fiqieh Zan Bahctiar Haqie, mengatakan peluncuran buku itu sengaja dilakukan di bus Werkudara untuk dapat dikenal secara langsung oleh masyarakat. ?Peluncuran ini kami kemas dengan konsep Solo City Tour,? ungkapnya.

Dalam peluncuran itu, lanjut Faqieh juga dilakukan dengan membagikan ratusan pin dan gantungan kunci kepada pengguna jalan maupun masyarakat yang dilintasi.