UMS – Untuk bisa membuat sistem jaringan yang kuat dan aman dari serangan hecker, ternyata lebih dulu harus menjadi hecker. Dengan kepiawaian membobol server orang lain, maka barulah bisa membangun sistem pertahanan jaringan yang sulit ditembus hecker. Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yakni Fakhrur Razi, Ilham Wicaksono dan Nur Chudlori dengan bimbingan Ir Bana Handaga, Ph.D berhasil membuktikan itu. Mereka memiliki daya serang dan sistem pertahanan yang kokoh dalam mengamankan server.

Berkat kecanggihannya ia berhasil meraih juara I kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XI di Institut Teknologi Surabaya (ITS) pada 1-4 November. Kompetisi itu merupakan lomba di bidang keamanan jaringan dan sistem informasi.

Fakhrur Cs menyisihkan 100 tim lain dan 10 tim server terpilih. Selama lima jam penuh ia harus berjuang mempertahankan server-nya dan meretas server lawan. “Kami sudah mengikuti kompetisi tiga kali. Selalu lolos sampai final. Tapi baru kali ini bisa meraih juara,” kata Fakhrur bangga, Rabu (14/11/2018).

Untuk menjadi yang terbaik, ada sembilan tim yang dihadapi. Masing masing mendapatkan satu server yang berisi informasi penting. Server dibuat sama persis dan tim harus mampu menjaga servernya dari serangan lawan. Pada 20 menit awal seluruh tiim melakukan defense. Mereka harus bisa merentas server-nya sendiri agar bisa membuka sekaligus melindungi.

Bersamaan itu harus menganalisa celah-celah yang bisa digunakan untuk menerobos server lawan. Kompetisi berlangsung seru dan tim UMS berhasil perolehan poin tertinggi 1.535. (Qom)

Sumber : http://krjogja.com/web/news/read/83187/Mahasiswa_UMS_Juara_Kompetisi_Gemastik