FKI-UMS. Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta berhasil menjadi penerima pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2020 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Proposal dengan judul Pengembangan Penggunaan Kamera Gadget Untuk Pengembangan Skill Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Surakarta, yang dibuat oleh tim mahasiswa dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi salah satu dari ratusan proposal yang lolos pendanaan program tersebut.

Diketahui Program Kreatifitas Mahasiswa merupakan program tahunan yang digelar oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Digelar dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi  pribadi  yang  tahu aturan, taat  aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual serta membangun kerjasama antar mahasiswa.

Tim yang bentuk beranggotakan lima orang, yang terdiri dari Mega Antariksa sebagai ketua tim, dengan anggota Mutiara Carissa Cahyastuti, Tigor Nur Rohman, Ilma Safa’ah, Nur Hasanah. Mega Antariksa menjelaskan, tentang latar belakang mereka mendapatkan ide dalam PKM yang mereka buat dari kegiatan Himpunan yang mereka ikuti digabungkan dengan pengalaman mereka dalam mata kuliah fotografi dua hal itu menjadi dasar mereka bisa membuat ide unik untuk PKM

Dia juga menjelaskan tidak ada strategi khusus dalam membuat PKM agar bisa lolos pendanaan DIKTI yang penting “Sebisa mungkin rapikan penulisan dulu, tapi jangan lupa dipikirkan juga konsep dan metode yang digunakan. Pilih ide yang sederhana tapi bermanfaat dan ide itu sesuai sama jurusanmu. itu kemungkinan besar lolosnya besar”.     tuturnya.

Mega Antariksa pun berharap, dengan pencapaiannya tersebut dapat semakin membuka peluang lebih untuk mahasiswa lain dalam meningkatkan ide kreatif dan inovasi yang dimiliki. (satria)