TV_Mu2

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Magang di tvMu

Upaya sinergi aktivitas antar lembaga membawa tiga mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika ke Jakarta untuk melakukan magang di Televisi Muhammadiyah (tvMu). Ketiga mahasiswa tersebut adalah Muhammad Ferri Setiawan, Bintang Ayu Samniar, dan Husin Fikri yang kebetulan merupakan mahasiswa kelas internasional angkatan 2010.

Kegiatan magang kali ini merupakan tugas khusus yang diberikan oleh UMS kepada ketiga mahasiswa untuk mendukung aktivitas produksi siaran di tvMu. Dua mahasiswa bertindak sebagai reporter dan satu bertindak sebagai editor. Ketiganya berada di Jakarta dalam rentang waktu 6 Pebruari – 6 Maret 2014.

Direktur tvMu Edy Kuscahyanto menyambut baik kehadiran tiga mahasiswa tersebut. “Keberadaan mereka akan dioptimalkan,” ungkapnya saat berbincang-bincang dengan pimpinan UMS. Ke depan para mahasiswa lainnya akan diberi kesempatan untuk menimba ilmu dan pengalaman di tvMu dalam format kuliah kerja praktek.

Kegiatan lebih bersifat seperti internship dengan mempraktekkan ilmu dan ketrampilan yang didapat selama kuliah di UMS. Banyak pengalaman yang didapat oleh para mahasiswa tersebut selama magang. Bintang dan Husin sebagai reporter mendapat kesempatan bertemu dan mewawancarai tokoh terkenal mulai dari pimpinan pemerintahan, seperti Basuki Cahya Purnama (Ahok) dan Dedy Mizwar. hingga politisi, seperti Sutiyoso dan Rieke Dyah Pitaloka, maupun tokoh keagamaan seperti Din Syamsudin. Sedangkan Ferri mendapat tantangan baru dalam editing karena harus menggunakan perangkat lunak yang belum pernah dipakai sebelumnya, yaitu Final Cut Pro dan Adobe After Effect (htr).