Pada 23 Desember 2019 hingga 24 desember 2019, tepat sebelum menyambut Tahun Baru 2020, mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) angkatan 2017 mengadakan festival film bertajuk Communication Film Festival (Comfi-Fest).

Comfi–Fest merupakan acara yang diadakan guna memenuhi tugas akhir mata kuliah sinematografi II pada semester V. Kegiatan tersebut juga sebagai ajang apresiasi dari pihak prodi untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS semester V karena telah membuat karya-karya film pendek.

Film pendek yang dibikin mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS angkatan 2017 memiliki durasi maksimal enam menit dan menyiratkan berbagai macam pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Sebanyak 24 film karya mahasiswa ditayangkan dalam acara Comfi-Fest. Mulai dari film bertema, pertemanan antara remaja, dan masih banyak lagi film pendek yang menarik.

Berdasarkan keterangan pada siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (10/1/2020), acara tersebut menunjukkan ilmu yang didapat mahasiswa dari mata kuliah Sinematografi II bisa langsung dipraktikkan ke dalam karya film pendek.

Karya-karya tersebut yang akan dipertontonkan kepada khalayak, sehingga khalayak juga bisa mengapresiasinya. Comfi-Fest diharapkan mampu menjadi embrio dari festival film dari fakultas Ilmu Komunikasi UMS dan dapat mencapai target yang lebih besar lagi.

Di tahun sebelumnya, acara itu diberi nama Civa atau Communication UMS Visual Art. Sedangkan tahun ini ada perubahan nama menjadi Comfi-Fest atau Communication Film Festival.

Comfi-Fest kali ini mengangkat tema Titik Awal dengan tagline Titik Awal Membangun Cerita. Tema Titik Awal diangkat dengan harapan sebagai awal kreatifitas yang dibangun melalui seni pembuatan film dengan pengalaman untuk mengkomunikasikan ide, cerita, tampilan, sudut pandang, rasa, keindahan atau suasana dengan cara direkam dan gambar bergerak yang diprogram bersamaan dengan penggerak sensorik lainnya.

Kegiatan pameran film bagi para Sineas muda yang independen banyak diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di UMS, adalah bukti bahwa dunia perfilman telah mendapat perhatian lebih.

Festival itu bukan sekedar bentuk apresiasi, namun juga sebagai wadah ekspresi bagi para mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS. Kegiatan kreatifitas mahasiswa yang merupakan konsentrasi mata kuliah Sinematografi sudah diselenggarakan setiap tahunnya.

Adanya kegiatan ini diharapkan sebagai ajang eksplorasi kreatifitas bagi mahasiswa dalam mempraktikkan apa yang telah didapat secara teori. Selain itu melalui kegiatan ini, diharapkan Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS, khususnya program studi Ilmu Komunikasi, dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

 

Sumber : https://www.solopos.com/mahasiswa-ums-adu-film-pendek-di-comfi-fest-1040928