Naskah Publikasi Skripsi

Ketentuan Naskah Publikasi Skripsi

Ketentuan penulisan naskah baik yang akan ditebitkan di jurnal paper based, di e-jurnal maupun di e-paper selaras dengan ketentuan penulisan di Jurnal KomuniTI.

  1. Naskah yang disubmit berupa hasil penelitian tugas akhir atau karya tulis komprehensif dalam rangka tugas akhir.
  2. Panjang naskah antara 10 hingga 15 halaman A4, diketik spasi rangkap dengan batas (margin) kiri dan atas 3 cm, kanan dan bawah 2 cm. Naskah memuat komponen: judul,nama penulis, abstrak, kata kunci, isi atau batang tubuh, dan daftar pustaka
  3. Judul naskah tidak boleh lebih dari 18 kata, dibuat singkat, menarik, informatif, dan atau visioner, mengandung kata kunci. Judul tulisan tidak harus sama dengan judul skripsi.
  4. Nama dosen pembimbing ditulis tanpa gelar dengan mencantumkan nama instansi/lembaga tempat bekerja serta alamat email yang aktif
  5. Pembimbing dapat dicantumkan sebagai penulis utama tergantung seberapa besar kontribusi hasil pemikiran dosen dimasukkan dalam naskah.
  6. Nama pembimbing tidak harus dimasukkan sebagai salah satu penulis. Jika demikian, nama pembimbing harus dimasukkan dalam persantunan (acknowledgement).
  7. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, terdiri atas 100 hingga 150 kata yang ditulis dalam satu paragraf diketik satu kolom dan satu setengah spasi (untuk memudahkan penyuntingan), disertai dengan kata kunci yang mencerminkan substansi naskah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak.
  8. Isi atau batang tubuh ditulis dua kolom dengan jarak antar kolom 1 cm.
  9. Tabel dalam naskah mempunyai border pada bagian atas dan bawah heading tabel dan di bagian paling bawah tabel.
  10. Tabel dan gambar dalam naskah diletakkan di samping kiri (jangan di tengah). Tabel atau gambar diusahakan masuk dalam satu kolom, namun dapat dibuat dalam dua kolom jika ukurannya besar.
  11. Isi atau batang tubuh naskah hasil penelitian terdiri atas:
    1. pendahuluan,
    2. tinjauan pustaka,
    3. metode,
    4. hasil dan pembahasan,
    5. kesimpulan,
    6. persantunan – jika nama pembimbing tidak dimasukkan sebagai salah satu penulis, harus dimasukkan dalam persantunan (acknowledgement)
  12. Isi atau batang tubuh karya tulis komprehensif dalam rangka tugas akhir terdiri atas:
    1. pendahuluan,
    2. subjudul-subjudul lain sesuai substansi
    3. subjudul-subjudul lain sesuai substansi
    4. kesimpulan,
    5. persantunan – jika nama pembimbing tidak dimasukkan sebagai salah satu penulis, harus dimasukkan dalam persantunan (acknowledgement)
  13. Daftar pustaka ditulis dalam satu kolom. Penunjukan sumber acuan pada daftar pustaka mengikuti gaya Harvard, berikut beberapa contoh:
    1. Mehrens dan Lehmann (1986) menyatakan, …
    2. “Essay test are relatively (reliability) since they are graded by humans (who may be subjective) rather than by impersonal machines “. (Mehrens dan Lehmann, 1986:75)
    3. Sebagaimana dikemukakan oleh Mehrens dan Lehmann (1986: 75) “Essay test are relatively (reliability) since they are graded by humans (who may be subjective) rather than by impersonal machines “.
  14. Gambar, grafik. dan tabel disajikan dengan ketentuan:
    1. foto untuk gambar harus cukup tajam, dicetak di atas kertas mengkilap (glossy)
    2. ukuran gambar, grafik, tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas
    3. gambar dan grafik dibuat di atas kertas putih dan diberi nomor urut
    4. judul tabel di tengah atas
    5. judul gambar, grafik ditulis di tengah bawah.
  15. Penulisan daftar pustaka mengikuti contoh format sebagai berikut:
    Depdikbud.1997. Pedoman pengembangan bank soal. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem. Pengujian, Balitbang Depdikbud.
    Durand, T.1997. “Strategizing for innovation: Competence analysis in essesing strategic change”. dalam Aime Heene & Ron Sanchez (Eds). Competence-based strategic management. New York: John Willey & Sons.
    Mehrens, W.A. & Lehmann.1986. Measurement and evaluation in education and psychology. (3th ed). New York: Holt Rinehart and Winston.
    Giddings, J. & Sheehy, L.2000. A classroom full of gifts. The Mathematics Educator. 10(1),2-4 [Online}. TEM Home Page.<http://jwilson.coe.uga.eduIDEPT/TME/TMEOnline.html>.
    Herman, Tatang.2007.?Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Sekolah?. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Peneltian dan Pengembangan, Depatermen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
    Republika. .1998. 25 Juli. “Sistem devisa bebas dipertahankan”. hal. 4.
    Rorbyanto, Gunawan dkk.20060.?Pembelajaran Geometri yang Berorientasi pada Teori van Hiele dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Segiempat?. Dalam Jurnal Penelitian Kependidikan. Tahun 16 Nomor 1 Juni.
    Sallis, E.1993. Total quality management in education. London: Kogan page.
    TIMSS.1988, September 17.. TIMSS and TIMSS-Repeat. [Online]. TIMSS Home Page. <http://www.scteep.be.educ/TlMSSI/AboutTIMSS.html>[1999, Agustus 10]
    Urbaningrum, Anas.1998. “Menyorot masalah integrasi nasional kita”., Republika, 25 Juli hal. 6.
  16. Naskah publikasi hasil skripsi akan diuji keasliannya oleh Biro Skripsi dengan menggunakan software deteksi plagiasi. Jika lolos deteksi, Biro Skripsi akan mengirim naskah ke redaksi KomuniTi.
  17. Naskah disubmit dalam bentuk softfile dengan format *.doc, *.docx, atau *.odt (editable format), dan dapat dikirim melalui email : komuniti@ums.ac.id
  18. Beberapa kemungkinan tentang naskah yang dikirimkan untuk dimuat:
    1. diterima dan diterbitkan di jurnal KomuniTI
    2. diterima dengan perbaikan oleh redaksi untuk diterbitkan di jurnal KomuniTI
    3. diterima dan diterbitkan di eKomuniTI
    4. diterima dengan perbaikan oleh redaksi untuk diterbitkan di eKomuniTI
    5. diterbitkan di e-paper