Fakultas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pelatihan Media dan Aplikasi IT bagi Guru di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura. Pelatihan diikuti oleh 21 guru sekolah Muhammadiyah di bawah koordinasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura, baik guru SD, SMP, SMA maupun SMK.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura, khususnya Majelis Dikdasmen dan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, tepatnya pada tanggal 3 – 5 Pebruari 2017.

Peserta adalah guru yang diutus oleh sekolah. Setiap utusan diharapkan akan menjadi motor penggerak bagi penerapan jurnalistik media dan aplikasi IT di sekolah. Salah satu tugasnya adalah menjadi pengelola web sekolah yang telah dibuat oleh tim dari FKI. Model aplikasi web yang diterapkan adalah web terintegrasi dengan situs utama untuk PCM Kartasura dan subsitus untuk ortom dan AUM di bawah PCM Kartasura, termasuk di antaranya 11 sekolah.

Web sekolah dikelola oleh seorang “staf” yang dapat memodifikasi tampilan web dan meng-approve tulisan dari kontributor. Kontributor adalah orang yang membuat tulisan dan mengunggah. Kontributor bisa diambil dari guru atau siswa.
Albert Septiawan, mahasiswa angkatan 2013 yang membuat aplikasi web, menyatakan bahwa setiap guru dapat berpartisipasi dalam menulis artikel di web. “Nantinya setelah dicek oleh pengelola, artikel tersebut dapat diterbitkan tanpa disunting, atau dengan penyuntingan seperlunya,” imbuh Albert.

Materi pelatihan media dan aplikasi IT

Pelatihan media dan aplikasi IT terdiri atas 11 materi dan mencakup dua bidang yaitu bidang teknologi informasi dan bidang komunikasi. Kesebelas materi itu adalah sebagai berikut.

  1. Penelusuran bahan ajar melalui internet
  2. Strategi pembelajaran berbasis teknologi komputer
  3. Aplikasi pembelajaran
  4. Model evaluasi pembelajaran
  5. Pembuatan animasi dan film pendek
  6. Pelatihan penggunaan email, kalender dan grup
  7. Media relation
  8. Literasi media
  9. Pelatihan dan praktek penulisan artikel media
  10. Pelatihan dan praktek penulisan berita
  11. Pelatihan dan praktek pengelolaan subsitus

Sebagian materi ditujukan untuk memperkuat kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi IT untuk kefiatan pembelajaran. Sementara materi yang lain diberikan untuk kebutuhan pengelolan web dan peningkatan kemampuan menulis jurnalistik.

Pelatihan berlangsung di laboratorium Sistem Informasi, Fakultas Komunikasi dan Informatika. Lab tersebut terletak di gedung J lantai 3, kampus II, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lokasi ini cukup ideal bagi pelatihan karena memiliki fasilitas yang memadai yaitu jumlah komputer yang cukup untuk 22 peserta pelatihan dan koneksi internet yang lancar.