mentoring

Pengaruh Lingkungan pada Hasil Belajar

Fakta menunjukkan bahwa lingkungan sekitar sangat mempengaruhi unjuk kerja siswa dalam mencapai prestasi akademik. Misalnya, kualitas gedung kampus memiliki dampak langsung pada prestasi. Mahasiswa tampil lebih baik secara akademis ketika belajar di gedung yang lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa bahwa siswa yang belajar di bangunan tua mencapai nilai belajar sekitar 5 – 7 persen lebih rendah dibanding siswa yang belajar di bangunan baru.

Tata suara dalam ruang belajar perlu diperhatikan karena suara bising dari orang yang bercakap-cakap di luar kelas, suara lalu lintas dan kebisingan lainnya sangat mempengaruhi daya belajar siswa. Sejumlah studi telah menunjukkan korelasi positif antara kondisi akustik yang tepat dan prestasi siswa.

Faktor lain yang menarik untuk dicatat adalah bahwa pencahayaan alami lebih baik dibanding pencahayaan yang berasal dari lampu. Cahaya alami memberikan rangsangan biologis terhadap hormon yang mengatur sistem tubuh, pernafasan alami dan suasana hati. Lagi pula penggunaan cahaya alami akan mengurangi kebutuhan sumber cahaya buatan sehingga menghemat biaya listrik.

(Adaptasi oleh Husni Thamrin dari Do Green Schools Improve a Student’s Academic Performance)