gedung dakwah PCM Kartasura

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura memiliki puluhan amal usaha berupa rumah sakit, klinik kesehatan, sekolah dari tingkat dasar hingga menengah. Pimpinan Cabang belum memiliki web site resmi yang dikelola secara baik dan berkelanjutan (sustainable), begitu pula sebagian besar amal usahanya. Selain itu, kegiatan yang diselenggarakan oleh Cabang dan Amal Usaha memerlukan penguatan gaung agar dapat diketahui masyarakat luas. Pengenalan lembaga Cabang, amal usaha, dan kegiatan yang diselenggarakan dipengaruhi berbagai faktor, antara lain yaitu kemampuan dalam berhubungan dengan media, kemampuan menulis berita, kemampuan menulis artikel media, dan memanfaatkan media alternatif seperti media sosial.

Bagi sekolah-sekolah, diperlukan penguatan kemampuan dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik. Dampaknya adalah suasana belajar di sekolah menjadi menyenangkan dan efektif. Penyiapan media pembelajaran memerlukan berbagai kemampuan seperti menemukan konten yang tepat, merancang media pembelajaran, memanfaatkan tools yang sesuai, hingga menyusun evaluasi belajar.

Berdasarkan latar belakang tersebut Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura untuk menyelenggarakan worshop implementasi bidang Ilmu Komunikasi dan Informatika.

Materi Pelatihan meliputi:

  1. Penelusuran bahan ajar melalui internet
  2. Strategi pembelajaran berbasis teknologi komputer
  3. Aplikasi pembelajaran (E-learning)
  4. Model evaluasi pembelajaran
  5. Pembuatan animasi dan film pendek
  6. Pelatihan penggunaan email, kalender dan grup
  7. Media relation
  8. Literasi media
  9. Pelatihan dan praktek penulisan artikel media
  10. Pelatihan dan praktek penulisan berita
  11. Pelatihan dan praktek pengelolaan sub-web PCM Kartasura

Durasi pelatihan sekitar 2 sampai 3 hari dengan waktu sekitar akhir Januari atau awal Februari 2017. Pelatihan ini mengundang beberapa AUM di kecamatan kartasura.