Softskill adalah ketrampilan yang mencerminkan kemampuan dalam pengelolaan diri dan kemampuan dalam berhubungan dengan orang lain. Contoh ketrampilan ini adalah kemampuan komunikasi secara efektif, kemampuan menghargai orang lain dan semangat kerja. Ketrampilan ini tidak kalah penting dengan hardskill, yaitu ketrampilan yang mencerminkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemampuan teknis yang berhubungan dengan suatu bidang ilmu.
Gambar di atas dan gambar di bawah ini menyajikan hasil survei yang menunjukkan bahwa dunia kerja membutuhkan personil dengan softskill yang tinggi. Kemampuan tertinggi yang dibutuhkan bukanlah indeks prestasi (hasil kuliah), tapi kemampuan komunikasi, integritas dan kemampuan kerja sama.

Softskill v hardskill 2

Perkuliahan di kelas tidak cukup untuk mendidik mahasiswa memperoleh berbagai softskill yang dibutuhkan. Mungkin perkuliahan mendorong mahasiswa berdiskusi secara analitis dan menyampaikan presentasi. Namun perkuliahan di kelas tidak dapat mendidik mahasiswa pandai berorganisasi dan melatih kemampuan kepemimpinan. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan memanfaatkan waktunya selama masa kuliah dengan kegiatan non-akademik seperti aktif di organisasi mahasiswa, bergabung dalam kelompok studi atau klub olah raga, dan mengikuti berbagai turnamen dan lomba. (htr)