FKI-UMS. Fotografi Komunikasi Informatika Club (FINIC) menggelar pameran fotografi bertema ‘Solo Dimataku’ pada 27-28 Maret 2018 bertempat di Hall Auditorium Djazman. Acara yang dibuka oleh Agus Triyono selaku Wakil Dekan I FKI UMS diikuti oleh 29 fotografer dengan 55 karya foto yang disajikan.

Menurut Vega selaku Ketua Panita, kegiatan ini adalah peristiwa penting bagi anggota baru FINIC. Sebagai pameran perdana, dengan acara ini anggota FINIC sebenarnya dituntut untuk sensitif melihat dan mengabadikan moment dalam lensa mereka. “Dengan acara ini, saya berharap teman-teman menjadi belajar bagaimana mengamati news value setiap peristiwa”, tutur nya dalam sambutan.

Selama pameran berlangsung, Panitia juga menyelenggarakan rangkaian acara berupa Diskusi Foto yang membahas tentang “Wedding Photography” pada Rabu, 28 Maret 2018, pukul 19.30 WIB, di Balai Desa Gonilan, dengan menghadirkan pembicara Aldila Saputra yang sekaligus merupakan Alumni FKI. Selain itu, rangkaian acara juga diisi dengan bedah foto oleh kurato yaitu Vidi Hari Mukti.

Selama acara pameran berlangsung terdapat lebih dari 350 pengunjung yang menikmati. Tidak hanya internal UMS, beberapa organisasi luar pun juga ambil bagian seperti UKM fotografi dari JOGLOSEMAR (Jogja, Solo, Semarang), Lensa UAD, Fotka UMY, Serufo UNY, Fokus USM, Clic UNNES, Copylens, HSB, FFC dan Artefak.

Ilma salah seorang peserta mengatakan dengan dihelatnya pameran fotografi ini beserta rangkaian acaranya, diharapkan ajang ini dapat menjadi wadah penyaluran ide-ide kreatif para anggota FINIC 17 untuk menunjukkan potensi, kreativitas.Selain itu juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk saling memotivasi antar anggota, mengukur potensi dalam berkarya, serta ajang interaksi para anggota untuk memacu dan meningkatkan wawasan serta keterampilannya di bidang seni fotografi. “Secara lebih luas, diharapkan pameran ini dapat memberikan tambahan pengetahuan seni fotografi kepada para pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat” ungkapnya (agt)