Satu tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Fakultas Komunikasi dan Informatika berhasil lolos maju mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 yang akan digelar pada 7-11 Agustus 2016 di Institut Pertanian Bogor. Peristiwa ini merupakan yang pertama bagi FKI dan khususnya Prodi Informatika.

Wakil Dekan FKI bidang Kemahasiswaan, Yanti Haryanti, MA, menyatakan bahwa pada kegiatan PKM tahun ini, FKI mengirim 39 proposal. Dari jumlah tersebut dua tim berhasil mendapat dana pelaksanaan program. Setelah melewati fase monitoring dan evaluasi, satu tim dinyatakan berhak mengikuti PIMNAS.

Tim yang maju ke Pimnas dipimpin oleh Rahmandani Herlambang, yang akrab dipanggil Dani, mahasiswa Informatika semester IV. Mereka membuat aplikasi “Sparta”, yaitu aplikasi desktop untuk membantu proses analisis SWOT sebuah usaha kecil menengah. Anggota tim terdiri atas Aldino Kemal Gumawang dan Agus Makmum yang merupakan mahasiswa Informatika, selain itu ada Bella Brillian yang merupakan mahasiswa Teknik Industri, UMS.

Setiap tahun mahasiswa FKI yang kreatif selalu berpartisipasi mengirim proposal PKM ke Dikti. Bahkan beberapa tahun terakhir angka partisipasi tersebut terus meningkat. Selalu ada 1-2 tim FKI yang proposalnya didanai oleh Dikti. Namun baru kali ini ada tim yang lolos PIMNAS. Sehingga capaian ini menjadi milestone agar di masa datang bisa selalu ada tim yang maju PIMNAS.

Tim PKM FKI ke PIMNAS ke-29

Tim PKM FKI yang berangkat ke PIMNAS ke-29

Kepada sivitas akademika FKI, Dani dan kawan-kawan mohon do’a restu agar dapat memberikan yang terbaik untuk FKI dan untuk UMS. Mereka akan berkompetisi dengan 440 tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam menunjukkan siapa yang terbaik dan paling kreatif dalam mencari solusi permasalahan bangsa.

Selamat berjuang untuk Dani dan kawan-kawan. Semoga Allah meridhoi perjuangan kalian.