Program Kreatifitas Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan singkatan PKM adalah program yang diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk meningkatkan kreatifitasnya. Dalam program ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah ke masyarakat luas. Selain itu kesempatan ini juga memungkinkan mahasiswa untuk melatih jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab, kemandirian, dan kebiasaan bekerjasama dengan tim.

Melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti mengharapkan kegiatan PKM ini akan meningkatkan kualitas mahasiswa sehingga nantinya mampu menjadi anggota atau pemimpin masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesionalisme dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya nasional. Ada tujuh skema PKM yaitu: Penelitian (PKMP), Kewirausahaan (PKMK), Pengabdian Masyarakat (PKMM), Penerapan Teknologi (PKMT), Karsa Cipta (PKMKC), Gagasan Tertulis (PKM GT), dan Artikel Ilmiah (PKM AI).

Pada tahun ini, Fakultas Komunikasi dan Informatika berhasil mengirimkan beberapa mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan ini, salah satunya adalah tim yang dipimpin oleh Dzikrina Aqsha Mahardika melalui skema Pengabdian Masyarakat (PKMM) dengan judul Pendampingan Pembuatan Majalah Sekolah SMP Muhammdiyah Al Kautsar PK di Gumpang Kartasura. Dengan menggandeng komunitas CAKEP Solo dan bekerjasama dengan harian Joglosemar, kegiatan PKM ini melalukan pengajaran, pembimbingan, dan pendampingan kepada adik-adik pelajar SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK Kartasura dalam membuat majalah sekolah. Mahardika dan teman-teman satu timnya telah menerapkan ilmu pengetahuan yang mereka dapat dari ruang kuliah, khususnya teori-teori jurnalistik yang merupakan salah satu mata kuliah yang ada di program studi Ilmu Komunikasi di Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS (yhy).