Universitas Muhammadiyah Surakarta melalui Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) pada hari Sabtu 20 Mei 2017 mengadakan workshop penggunaan Google Scholar untuk Dosen serta pendaftaran aplikasi SINTA dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Acara ini bertempat di Gedung Siti Walidah UMS Lantai 7.
Google-Scholar-Logo
Google Scholar adalah mesin pencari web yang dapat diakses secara bebas yang mengindeks teks lengkap atau metadata literatur ilmiah di berbagai format penerbitan dan disiplin ilmu. Dirilis dalam versi beta pada bulan November 2004, indeks Google Scholar mencakup kebanyakan jurnal dan jurnal akademik online peer-reviewed, makalah konferensi, tesis dan disertasi, pracetak, abstrak, laporan teknis, dan literatur ilmiah lainnya, termasuk pendapat pengadilan dan hak paten.
Meskipun Google tidak mempublikasikan ukuran database Google Scholar, periset pihak ketiga memperkirakan akan memuat sekitar 160 juta dokumen per Mei 2014 dan perkiraan statistik sebelumnya yang dipublikasikan di PLOS ONE menggunakan metode Mark dan recapture yang diperkirakan mendekati 80- Cakupan 90% dari semua artikel yang diterbitkan dalam bahasa Inggris dengan perkiraan 100 juta. Perkiraan ini juga menentukan berapa banyak dokumen yang tersedia secara bebas di web.
Scholar_contoh pencarian
Google Scholar memungkinkan pengguna untuk mencari salinan artikel digital atau fisik, baik online maupun di perpustakaan. Dia mengindeks “artikel jurnal teks lengkap, laporan teknis, pracetak, tesis, buku, dan dokumen lainnya, termasuk halaman Web terpilih yang dianggap ‘ilmiah’.” Karena banyak hasil pencarian Google Scholar terhubung ke jurnal komersial Artikel, kebanyakan orang hanya dapat mengakses ringkasan artikel kutipan abstrak dan kutipan, dan harus membayar biaya untuk mengakses keseluruhan artikel. Hasil yang paling relevan untuk kata kunci yang dicari akan terdaftar terlebih dahulu, sesuai urutan peringkat penulis, jumlah referensi yang terkait dengannya dan relevansinya dengan literatur ilmiah lainnya, dan peringkat publikasi yang dimuat jurnal tersebut.

Workshop ini diikuti sekitar 90 dosen dari berbagai Fakultas dan berlangsung mulai pukul 08.30 sampai 11.30 WIB. Dosen yang mengikuti workshop diminta menggunakan google-scholar yang berafiliasi dengan email resmi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan selanjutnya adalah mendaftar ke sistem pengindeks artikel ilmiah Ristekdikti (SINTA). Pendaftaran SINTA mengharuskan dosen yang bersangkutan membuat tautan ke google-scholar yang dia miliki. Sistem SINTA menyatakan bahwa sekitar 190an dosen UMS telah terdaftar dalam SINTA dan jumlah ini masih akan terus bertambah seiring sosialisasi penggunaan SINTA oleh LPPI UMS.
best sitatsi google scholar
Sistem SINTA pada tanggal 20 Mei 2017 menunjukkan bahwa Universitas Muhammadiyah Surakarta menempati posisi kesepuluh dalam daftar sitasi terbaik (best citation versi google-scholar). Capaian ini menunjukkan hal positif bagi civitas akademika UMS.
best impak SINTA UMS
Adapun dosen terbaik di UMS dalam sistem SINTA adalah Dr. Hery Purnama dari Teknik Kimia, diikuti dengan Dr. Agus Ulinnuha dan Dr. Fajar Suryawan keduanya dari Teknik Elektro.