UMS – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan terobosan baru yakni menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 melalui dunia maya (online) atau daring. Langkah tersebut dilakukan mengingat pandemi Covid-19 masih mengancam dan potensi penularan masih terus terjadi.

Penyambutan dan orientasi mahasiswa baru yang dilakukan secara online dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 4.734 orang tersebut menorehkan sejarah baru yakni tercatat dalam MURI. Pemecahan rekor MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI, Sri Widayati kepada Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif MSi dalam penyambutan mahasiswa baru di Auditorium Muh Djazman, Senin (13/7).

Rektor UMS Syofan Anif mengemukakan dalam menyambut mahasiswa baru tahap pertama diikuti sekitar 5.000 mahasiswa baru dari jumlah total daya tampung sekira 8.500 mahasiswa. Sisanya akan mengikuti tahap berikutnya.

”Mereka yang tidak mengikuti MASTA pada tahap pertama maka akan diikutkan pada tahap berikutnya juga melalui daring,” kata Rektor saat menyambut Grand Opening MASTA PMB di Auditorium Muh Djazman.

Kegiatan ini disebutkan termasuk paling awal untuk perguruan tinggi di tanah air. Apalagi, saat ini perguruan tinggi sedang konsentrasi melakukan proses penerimaan mahasiswa baru khususnya untuk kampus swasta. ”Dalam penyambutan mahasiswa baru ini, Alhamdulillah kami menerima sertifikat dari MURI sebagai rekor pelaksanaan MASTA PMB secara daring. Dan ini baru pertama untuk perguruan tinggi di Indonesia,” terang Sofyan Anif.

Sebelum menyerahkan sertifikat pencatatan rekor MURI, Senior Manager MURI, Sri Widayati mengatakan, selain UMS, pihaknya juga pernah mencatat pemecahan rekor baru kegiatan lainnya kepada sejumlah perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia, diantaranya di Yogyakarta, Medan, Malang dan lainnya.

”Hingga saat ini sudah 9.500 rekor yang tercatat di MURI. Untuk itu, secara lembaga maupun pribadi, kami mengucapkan selamat kepada UMS, dimana kini juga menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia,” paparnya

Kegiatan Masa Ta’aruf (MASTA) atau orientasi pengenalan kampus bagi mahasiswa baru yang dilakukan Kampus UMS tersebut termasuk paling awal untuk perguruan tinggi di tanah air. Hal itu yang menjadi alasan bagi MURI untuk mencatat sejarah baru dalam penyambutan mahasiswa baru secara online melalui aplikasi Zoom, Schoology dan Youtube. (Sri Hartanto)

Sumber : https://suaramerdekasolo.com/2020/07/13/ums-pecahkan-rekor-muri-sambut-mahasiswa-baru-secara-online/