Fakultas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan workshop pengabdian diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 29 Desember 2016 jam 08.30 sampai dengan 14.00. Bertempat di ruang sidang LPPM UMS, kegiatan diawali dengan finalisasi proposal pengabdian masyarakat dan kemudian diunggah ke dalam sistem my.ums.ac.id. Kegiatan workshop pengabdian masyarakat diselenggarakan dalam rangka implementasi rencana pengembangan fakultas untuk pendanaan tahun 2016/2017. Kegiatan ini sendiri merupakan wujud pelaksanaan Renstra Fakultas, yang salah satunya dalam upaya mencapai indikator kinerja fakultas agar setiap tahun minimal 50% dosen melaksanakan kegiatan pengabdian.

Pengabdian masyarakat ini menggunakan alokasi Pengembangan Individu Dosen (PID). Setelah proposal terunggah ke dalam sistem, kegiatan dilanjutkan dengan mereview proposal tersebut dan menilai oleh tim penilai yang dibentuk oleh Fakultas setelah disetujui ketua program studi.

Tema proposal

Tugas dan peran dosen pengajar adalah sesuai dengan filosofi tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Ketiga hal ini juga menjadi kriteria penilaian dalam akreditasi program studi. Fakultas Komunikasi dan Informatika mendorong peran serta aktif dosen untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tridarma PT, yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Untuk itulah kegiatan workshop pengabdian masyarakat diselenggarakan, yaitu menjadikannya forum bersama untuk menyusun aktifitas pengabdian masyarakat sesuai tema yang kompeten di bidang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Proposal pengabdian yang diberi catatan oleh reviewer kemudian diperbaiki sesuai masukan dari reviewer dan kemudian diunggah kembali ke dalam sistem. Pengabdian ini memfokuskan pada peningkatan kualifikasi guru di PCM Kartasura dengan mengedepankan beberapa tema sebagai berikut.

  1. Penelusuran bahan ajar melalui internet
  2. Strategi pembelajaran berbasis teknologi komputer
  3. Aplikasi pembelajaran (E-learning)
  4. Model evaluasi pembelajaran
  5. Pembuatan animasi dan film pendek
  6. Pelatihan penggunaan email, kalender dan grup
  7. Media relation
  8. Literasi media
  9. Pelatihan dan praktek penulisan artikel media
  10. Pelatihan dan praktek penulisan berita
  11. Pelatihan dan praktek pengelolaan sub-web PCM Kartasura

Kegiatan diikuti oleh 11 dosen dari sekitar 14 dosen yang diundang. Tiga dosen batal ikut serta dalam kegiatan ini dengan berbagai alasan, ada yang sedang sibuk mengejar deadline tugas dan ada pula yang ternyata belum menyelesaikan “hutang” laporan pengabdian tahun sebelumnya.