Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS selalu mendukung setiap kegiatan yang menunjang kemajuan pembelajaran dan kreatifitas mahasiswanya. Hal ini semata-mata untuk mempersiapkan mahasiswa FKI dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Apalagi pada tahun 2015 ini akan dimulai keterbukaan masyarakat ekonomi di wilayah ASEAN. Tentu saja kompetisi dunia kerja tidak lagi berkutat di tingkat nasional, tetapi akan terbuka ke tingkat regional Asia Tenggara. Apabila tidak memiliki kompetensi yang memadai maka akan sangat mudah untuk gagal. Selain kemampuan akademis, dibutuhkan juga kemampuan kreatif untuk bisa bersaing dengan negara lain.

Industri kreatif sepertinya sudah wajar bila kemudian dijadikan target karir bagi mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika.  Lebih banyak hal yang bisa dikerjakan dalam industri kreatif ini. Salah satunya adalah produksi film. Untuk memperkenalkan produksi film bagi mahasiswa, Fakultas Komunikasi dan Informatika pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2015 yang lalu mengadakan sebuah Kuliah Umum sekaligus workshop tentang Penulisan Skenario yang merupakan blueprint atau tulang punggung sebuah produksi film.

Kuliah Umum dan workshop ini diikuti oleh para mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika dan dipandu oleh Azwar Sutan Malaka, M.Si yang merupakan juara pertama lomba Penulisan Skenario yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2014. Selanjutnya kegiatan seperti ini akan diteruskan dengan workshop-workshop lain yang akan membekali kesiapan mahasiswa untuk terjun ke dunia industri kreatif (yhy).