FKIUMS.AC.ID – Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) meraih 3 medali emas dan 1 perunggu dalam perlombaan di Rakornas Asosiasi Program Studi Informatika Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (APSIPTMA).

Rakornas APSIPTMA ini diikuti sekitar 45 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia yang memiliki prodi teknik informatika, sistem informasi, ilmu komputer dan ilmu yang serumpun. Rakornas tersebut dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, pada Senin-Rabu (21-24/2/2022).

Tiga kategori perlombaan yang dimenangkan mahasiswa FKI UMS itu  adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Programming dan Lomba Menyanyi.

Pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah, mahasiswa FKI UMS berhasil meraih dua medali sekaligus, yaitu medali emas dan perunggu.

Kelompok peraih medali emas kategori LKTI beranggotakan Muhammad Mutawadhi’ Alfajri dan Rama Elian Zuldi. Sementara peraih medali perunggu kategori LKTI adalah Indah Setia Rini, Winda Shabrina dan Alvin Vigo.

Tak kalah membanggakan, mahasiswa FKI UMS juga meraih medali emas kategori programing. Mereka adalah Akhsan Ibrahim, Nur Khaulah Arrizka, Ary Okta Sulistyo, Syaiful Rochman dan Muhammad Naufal Aji Satrio.

Kelompok tersebut membuat game tentang pelestarian alam atau lingkungan, yang berdasarkan dari Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM).

Terakhir dari kategori lomba menyanyi, mahasiswa Teknik Informatika FKI UMS juga mendapatkan medali emas. Dia adalah Terry Kusuma Febriana.

Semua nama-nama mahasiswa tersebut, merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika FKI UMS.

Kepala Prodi Teknik Informatika FKI UMS, Dedi Gunawan, S.T., M.Sc., Ph.D. mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para mahasiswanya yang telah meraih prestasi di tingkat nasional.

Hal ini menunjukkan, kata Dedi, bahwa mahasiswa Teknik Informatika FKI UMS mampu bersaing dengan mahasiswa dari kampus lainnya di tingkat nasional.

“Selain itu, prestasi nini membuktikan bahwa para dosen Teknik Informatika FKI UMS, mampu memberikan ilmu dan bimbingannya kepada mahasiswa untuk berprestasi,” ungkap Dedi Gunawan.

Senada dengan hal itu, Wakil Dekan 1 dan 3 bagian Akademik dan Kemahasiswaan FKI UMS, Dr. Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng. mengucapkan syukur atas raihan prestasi dari para mahasiswanya.

“Alhamdulilah Pak Bu Mahasiswa Teknik Informatika FKI UMS berhasil meraih 3 Medali Emas (Programming, LKTI dan Menyanyi) dan 1 Mendali Perunggu (LKTI) Pada Rakornas APSIPTMA Ternate-Tidore 2022” ujarnya.

Dekan FKI UMS, Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D., ikut bangga dengan raihan prestasi para mahasiswa tersebut. Prestasi tersebut sebagai wujud implementasi dari Visi FKI UMS yaitu ‘Pada tahun 2029, menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEKS di bidang komunikasi dan informatika yang Islami dan memberi arah perubahan’.

“Semoga prestasi ini bisa memacu semangat mahasiswa lainnya untuk selalu mengembangkan potensi diri dan ilmu pengetahuannya. Saya ucapkan selamat atas prestasi yang baru saja didapatkan di ajang Rakornas APSIPTMA,”  ungkap Dekan FKI UMS itu.