FKI.UMS.AC.ID – Berbicara pretasi mahasiswa UMS tentu tak akan ada habisnya. pretasi demi prestasi ditorehkan para mahasiswa baik dari tingkat regional, nasional bahkan internasional. Contohnya seperti 3 mahasiswa UMS yang yang akan dijelaskan di bawah ini.

3 mahasiswa tersebut baru-baru ini menang juara 3 dalam ajang Musabawah Tiawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lomba dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 4-5 Maret 2022, dilakukan secara online.

Mereka adalah Nuri Utami, mahasiswi Farmasi UMS, Shandika Galih Nur Amin dan Taufiq Yogi Ariswara,kedua terakhir dari Prodi Informatika FKI UMS. Kelompok tersebut mengikuti cabang lomba desain aplikasi Al-Quran tingkat nasional.

Shandika Galih Nur Amin salah satu anggota kelompok memberikan penjelasan soal konsep aplikasi yang dibuat kelompoknya. Mereka menamai aplikasi tersebut dengan nama “ApelQu”.

ApelQu, ujar Shandika, dibuat menggunakan metode ‘SDSC Waterfall’. Metodi ini memudahkan dalam mengidentifikasi masalah dan merancang sebuah sistem sesuai kebutuhan.

“Kami membuat aplikasi dengan metode sdlc waterfall karena akan memudahkan dalam mengidentifikasi masalah dan merancang sistem sesuai dengan kebutuhan,” ujar Shandika saat diwawancarai pada Sabtu (12/3/2022).

Perlu diketahui, metode SDLC waterfall ini mencakup analisis, desain, coding, testing dan maintenance.

Lalu apa sih keunggulan dari aplikasi ApelQu ini?

Lebih lanjut Shandika mengatakan, aplikasinya memiliki beberapa keunggulan. Keunggulannya diantara lain pengguna bisa menggunakan fitur membaca, mendengarkan sekaligus fitur hafalan Alquran.

Tak hanya itu, aplikasi berbasis android tersebut juga dilengkapi dengan fitur kuis seputar isi di dalam Alquran.

Secara keseluruhan, aplikasi ApelQu bisa memudahkan pengguna untuk mempelajari Alquran dengan mudah. Karena, cukup dengan smartphone, pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi ApelQu tersebut.

Shandika mewakili kedua temannya merasa senang atas prestasi yang baru saja diperoleh. Ia berharap semoga prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk berani tampil di ajang perlombaan nasional maupun internasional.

“Kesannya Alhamdulillah senang bisa mewakili UMS dan menjuarai lomba MTQMN UNY 2022 cabang musabaqoh desain aplikasi Al-Qur’an,” pungkas Shandika. (Risqi Sonjaya)

 

Tags: , ,