FKI.UMS.AC.ID, SURAKARTA – Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) menggelar workshop penelitian, Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Workshop tersebut digelar di Syariah Hotel Solo, pada Jumat (13/5/2022).

Workshop Penelitian, Publikasi Ilmiah dan HakI ini diikuti oleh para dosen dari Prodi Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi FKI UMS. Kurang lebih sebanyak 30 peserta workshop, dibekali materi terkait publikasi ilmiah hingga cara mendapatkan hak cipta dari karya yang pernah dibuatnya.

Dekan FKI UMS, Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D, mengatakan tujuan dilakukannya workshop tersebut untuk meningkatkan pengetahuan para dosen dalam melakukan penelitian dan membuat publikasi ilmiah.

Selain itu, Nurgiyatna juga berharap, setelah workshop ini dilakukan, para dosen bisa mengajukan Hak Cipta Kekayaan Intelektual sesuai bidang keilmuannya.

“Kami harap bapak ibu bisa meningkatkan jumlah publikasi ilmiah sekaligus pengajuan hak cipta. Semoga acara ini bisa menambah semangat kita untuk melakukan penelitian” jelas Dekan FKI UMS itu.

Kegiatan kali ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama diselenggarakan di kelas besar dengan pemateri Agus Ulinuha, S.T., M.T., Ph.D. selalu Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah UMS.

Dilanjutkan materi kedua oleh Prof. Dr. Kun Harismah, M.Si., selaku Kepala Bidang Inovasi dan Produk Unggulan di Lembaga Riset dan Inovasi UMS.

Sesi kedua dilanjutkan dengan kelas kecil, dimana dosen prodi Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika dipisah di ruangan yang berbeda. Keduanya membahas secara spesifik tentang penelitian dan pengajuan hak cipta sesuai disiplin ilmunya masing-masing. (Risqi)