FKI-UMS. Pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020 telah dilaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bertempat di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (PAKYM). PKM ini telah dibuat oleh satu Tim PKM dari  Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) yang diketuai oleh Mega Antariksa. Acara ini di mulai pada pukul 09.00 WIB dengan menggunakan platform zoom metting. Acara ini dihadiri oleh 20 anak panti asuhan yang masih duduk di bangku SMP.

Pelaksanaan acara ini tim dan pihak panti bekerjasama untuk mengkoordinasi anak-anak, meyiapkan beberapa peralatan pendukung serta menayangkan Zoom Metting yang bertempat di Aula PAKYM., acaara tersebut dibuka dan disambut oleh sambutan dari Bapak Agus Triyono S.Sos. M.Si selaku pendamping PKM secara daring, kemudian dilanjut sambutan dari Mega Antariksa selaku Ketua Tim PKM tersebut. Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai narasumber, Ranny Afandy yang menyampaikan materi terkait dengan bagaiman menggunakan kamera handphone untuk melakukan foto produk.

Bukan hanya penyampaian materi saja namun anak panti diajarkan juga cara mempraktekan dalam pengambilan gambar yang baik dan benar dengan menggunakan gadget setiap anak-anak, pegambilan gambar secara mandiri akan diberi waktu satu minggu. Sehingga dalam hal ini anak-anak dapat mempraktekan langsung dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar panti asuhan sebagai objek dalam foto.

Dalam prosesnya anak panti asuhan akan melakukan praktek di lingkungan sekitar panti PAKYM dengan bebas, bermodalkan kamera handpone yang mereka miliki, namun disana tidak semua anak memiliki handpone, selain itu meskipun memiliki handpone tidak semua handpone support dengan kamera yang mumpuni, namun disinilah nilai effort yang menjadi tantangan nya dimana sebuah kamera yang sederhanapun bisa menghasilkan foto yang enak di pandang bahkan sangat memiliki nilai seni yang tinggi. Maka dari itu dengan waktu 1 minggu ini para anak anak panti sangat semangat dan antusias terhadap kegiatan yang diselengarakan.

Hasil pengambilan gambar tersebut akan tim kami susun dalam sebuah catalog yang nantinya dapat dijadikan sebuah kenang-kenangan karya dari masing-masing anak dipanti asuhan. Antusiasme anak anak panti patut di acungi jempol. Mereka sangat bersemangat untuk mengikuti acara ini, hingga saat ini pun ada beberapa anak anak panti yang berkonsultasi untuk menanyakan pendapat bagaimana hasil fotonya untuk dikumpulkan seminggu kemudian.

Adapun luaran yang ditargetkan adalah membuat catalog yang berisikan hasil hasil foto dari praktek fotografi anak panti asuhan hal ini berguna untuk kenang-kenagan yang akan diberikan Tim PKM untuk Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (PAKYM). Dalam hal ini Tim PKM berharap semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk anak anak panti dan menjadikan hobby anak anak panti.